Sabtu, 05 Januari 2013

ALDI

Theo Albrecht 300x203 Theo Albrecht (Orang Terkaya No 10) Bag 4: Komitmen pada Harga dan MutuHarga dan , prinsip inilah yang senantiasa dipegang oleh . Mengenai pemilihan pemasok, harga dan mutu barang sama pentingnya. Sewaktu menyeleksi barang dagangan, lebih baik minim daripada kelebihan yang dapat menurunkan kualitas. Seluruh barang sesuai jadwal diserahkan kepada pihak otoritas kualitas Jerman, Stiftung Warentest (Yayasan Pengujian Barang) untuk diuji. Pemasok yang memperoleh nilai baik baru dapat memperoleh order lanjutan. Kemudian produk baru harus dicoba dipasarkan pada beberapa cabang terlebih dahulu. Jika pemasarannya tidak baik, ordernya bisa lantas dicoret.

Selain ALDI selain agak “keras” dalam menghadapi pemasok, selamanya tidak pernah ada persyaratan dan kesepakatan tambahan dan tidak pernah curang sehingga di kalangan pebisnis Jerman tersiar kabar, barang siapa mendapat kontrak jangka panjang dengan ALDI, maka sisa kehidupan orang tersebut dijamin sejahtera. Para pabrikan demi memperoleh order sangat memperhatikan kualitas dan kepercayaan mulai dari proses produksi.

Kedua, ALDI juga sangat mementingkan pengontrolan dagangannya sendiri. Ahli pencicip makanan seringkali harus ditutup matanya (blind test) saat mencicipi makanan yang dijual, apabila ditemukan masalah maka pemasok akan menerima peringatan. Pemasok yang produknya dideteksi mempunyai kualitas yang parah, maka ALDI akan menghentikan kontrak dan mengajukan tuntutan. Hal ini membuat para pemasok tidak berani sembarangan dalam hal kualitas. Sedangkan buah-buahan, sayuran, roti dan lain-lain yang tersisa pada hari itu, untuk menjaga citra perusahaan umumnya langsung dibuang ke tempat sampah.

Jika ada pelanggan yang mengajukan pengembalian barang, dengan alasan apapun juga, ALDI umumnya mau menerima. ALDI juga berpedoman, pada level daftar harga semula, asalkan ada penurunan modal, maka dilanjut menjualnya dengan harga baru bagi keuntungan pelanggan. Ketika pemasok menurunkan harga, mereka tidak menunggu barang baru naik ke atas rak toko lantas mengganti label harga lama tersebut. Mereka berprinsip lebih baik mengalami sedikit kerugian demi mewujudkan komitmen.

ALDI yang berlaku adil terhadap pelanggan muda maupun tua dan tak berlaku curang, maka ia telah memperoleh kepercayaan masyarakat. Umumnya warga Jerman menganggap ALDI jujur dan adil serta tingkat keandalannya tinggi berkat komitmen pada mutu dan harga. Bersambung…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar