Sabtu, 05 Januari 2013

Kiat sukses ala Jeff Bezos

yang didirikan saat ini berstatus sebagai online store terbesar di dunia. Tidak hanya berjualan, saat ini Amazon juga sukses menjadi produsen hardware dengan produk seperti pembaca buku digital Kindle dan tablet PC Kindle Fire sukses di pasaran.
Inilah Kiat sukses ala Jeff Bezos Bos Amazon, Toko Online terbesar di Dunia yang mungkin bisa dijadikan inspirasi sukses, terutama di bidang bisnis, seperti pengusahadunia.com kutip dari detikINET.

1. Beraksi & Ambil Risiko

Jeff Bezos mengakui bahwa dia tidak pernah ragu untuk melakukan aksi dan tidak sekadar berbicara. Bahkan jika apa yang ditempuhnya belum tentu membuahkan hasil, ia akan tetap mau mencoba dan mengambil risiko.
“Jika Anda memutuskan bahwa hanya akan melakukan hal-hal yang yang Anda tahu akan berhasil saja, Anda akan meninggalkan begitu banyak kesempatan,” kata Jeff suatu ketika.
Pada tahun 1994, Jeff punya ide untuk mendirikan toko online. Dia sempat ragu apakah akan tetap mempertahankan pekerjaannya yang bagus atau total membangun Amazon. Ia memilih yang kedua dan akhirnya sukses. Bezos pun mengaku mendorong karyawannya untuk terus beraksi. Terkadang mereka gagal menghasilkan produk yang sukses untuk Amazon, namun Bezos bisa menoleransinya.
“Kami mau untuk melakukan perjalanan di kegelapan dan terkadang kami menemukan sesuatu yang benar-benar bekerja,” kata dia mengibaratkan.

2. Meminimalisir Penyesalan

Bezos tidak segan untuk bertindak karena dia tidak ingin menyesal di masa depan. Memang mendirikan sebuah bisnis dari nol adalah ibarat sebuah perjudian. Namun meskipun pada akhirnya gagal, ia berprinsip setidaknya sudah mencoba.
“Aku tahu jika gagal, aku tidak akan menyesalinya. Namun aku mengetahui satu hal yang mungkin akan aku sesali yaitu jika tidak mau mencoba,” kata pria berkepala pelontos itu.

3. Promosi dari Mulut ke Mulut

Salah satu kunci sukses Bezos dalam berjualan adalah promosi dari mulut ke mulut. Ketika dia mulai membangun Amazon, Bezos tidak punya banyak anggaran untuk melakukan promosi. Ia menilai satu-satunya cara untuk sukses adalah melakukan pelayanan sebaik mungkin, sehingga konsumen dengan sendirinya melakukan promosi dari mulut ke mulut yang menguntungkan Amazon.
“Jika Anda membangun pengalaman yang mengesankan bagi konsumen, mereka akan berkata satu dengan yang lain soal itu. Hal itu sangatlah powerfull,” tutur Bezos.

4. Utamakan Konsumen

Dalam berbisnis, tidak ada yang lebih penting dari konsumen. Karena tanpa konsumen, akan kolaps. Prinsip ini benar-benar diterapkan oleh Bezos.
“Satu hal yang paling penting adalah fokus secara obsesif terhadap konsumen. Tujuan kami adalah menjadi perusahaan di bumi yang paling terpusat pada konsumen,” sebutnya.
Bezos meyakini faktor utama kesuksesan Amazon adalah karena mereka berusaha memberi pelayanan terbaik bagi konsumen. Itu alasan mereka lebih baik dari kompetitornya.
“Jika ada satu alasan kami melakukan dengan lebih baik dari rekan kami di internet dalam 6 tahun terakhir, itu karena kami berfokus pada konsumen seperti sebuah sinar laser,” katanya mengibaratkan.

5. Inovasi tiada henti

“Yang berbahaya adalah tidak berkembang,” tutur Bezos suatu ketika. Tampak bahwa dia tidak ingin hanya mandek, namun terus melakukan invovasi terhadap Amazon.
Amazon awalnya hanya menjual buku, kini perusahaan tersebut menjual banyak hal. Bahkan sukses juga memproduksi gadget seperti Amazon Kindle Fire, tablet PC berharga murah yang laris manis.

6. Keras Kepala namun Fleksibel

“Hal tentang menemukan sesuatu adalah Anda secara bersamaan harus keras kepala dan juga fleksibel,” kata Bezos. Untuk berhasil atau menemukan sesuatu, kedua hal tersebut menurut bezos sangat diperlukan.
“Jika Anda tidak keras kepala, Anda akan menyerah terlalu cepat. Dan jika Anda tidak fleksibel, Anda tidak akan melihat solusi berbeda suatu masalah yang sedang Anda coba selesaikan,” jelasnya.

7. Meniru

Bezos mengaku tidak malu atau anti untuk meniru hal-hal baik yang dilakukan oleh para kompetitornya. Kemudian menerapkannya di Amazon untuk menjadi lebih baik lagi.
“Kami melihat para kompetitor kami, belajar dari mereka, melihat hal-hal yang mereka lakukan pada para pelanggan dan meniru hal-hal tersebut sebanyak kami bisa,” kata dia.

8. Bekerja Keras

Untuk mencapai sesuatu yang baik dan keberhasilan, memang diperlukan kerja keras. Hal itu juga diyakini benar oleh Jeff Bezos. Ia mendorong orang-orang untuk melakukan sesuatu yang besar dan membuat sejarah.Sampai sekarang pun Bezos masih terus bekerja keras untuk mengembangkan bisnis Amazon yang sebenarnya sudah meggurita. Ia pernah mengatakan bahwa bisnis internet masih berada di tahap awal.
“Bekerja keraslah, have fun, dan buatlah sejarah,” tutup Jeff Bezos Bos Amazon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar