Sabtu, 05 Januari 2013

Mengubah Mindset Karyawan Menjadi Pengusaha


Tentu ini bukan pekerjaan mudah, karena pola pikir kita sejak dulu sudah dibentuk untuk menjadi seorang karyawan. Orang tua mana yang tidak bangga bila anak-anaknya bekerja di perusahaan bonafit, atau di instansi pemerintahan, sehingga secara otomatis pola pikir kita mulai terbentuk untuk menjadi seorang pegawai. Belum lagi instansi pendidikan di negara kita yang masih minim memberikan ilmu tentang kewirausahaan, sehingga mindset entrepreneur kita masih sangat kurang. Padahal dalam memulai usaha dibutuhkan dua faktor penting, yang pertama skill dan yang kedua adalah mindset entrepreneur.



Dari faktor itulah, mengapa adanya mindset entrepreneur sangatlah penting dalam menjalankan usaha. Sebab dengan mindset entrepreneur, seseorang akan termotivasi untuk selalu produktif dan melakukan inovasi-inovasi baru untuk menciptakan peluang usaha yang menguntungkan. Cara mudah untuk membentuk mindset entrepreneur bisa dilakukan dengan beberapa tahapan berikut:      
                                                    

Pertama, lihatlah potensi diri Anda. Buat daftar potensi yang Anda punya, kemudian kembangkan semua potensi yang ada, untuk menciptakan inovasi baru. 

Kedua, belajarlah dari kisah para pengusaha sukses yang sudah berhasil mengembangkan usahanya dari nol. Dengan begitu Anda akan terinspirasi dan termotivasi untuk mengikuti jejak kesuksesan mereka dalam menjalankan usaha. 

Ketiga, ikuti pelatihan, seminar atau sharing pengalaman usaha yang bisa membantu Anda mengetahui segala kelebihan dan kekurangan sumber daya, yang bisa Anda jadikan sebagai prospek bisnis. Bila perlu, lakukan kunjungan langsung untuk melihat proses operasional sebuah usaha. 

Dan yang paling utama dari ketiga langkah tersebut adalah Anda harus tetap Action!”, karena tanpa action, maka mimpi kita tentu tidaklah akan menjadi sebuah kenyataan.


Semoga tips motivasi bisnis untuk pekan ini bisa membantu Anda untuk mengubah pola pikir dari mimpi kecil, menjadi mindset entrepreneur dengan mimpi yang besar. Sebab, dengan skill yang mendukung dan pola pikir yang kuat, Andapun bisa menjadi seorang entrepreneur sukses. Yakinkan diri Anda untuk berani mengambil resiko, dan cobalah untuk memanfaatkan segala peluang usaha di sekitar Anda.


Apabila anda sudah mempunyai motivasi untuk mengubah mindset menjadi entrepreneur & mempunyai banyak ide bisnis yang Anda ingin lakukan, ayo segera wujudkan mimpi Anda! Salah satu caranya Anda bisa mengikuti Business Idea Competition 2012 dengan mengirimkan Ide Bisnis Kreatif anda, menangkan hadiah berupa Ipad 2 dan Blackberry serta kesempatan untuk mewujudkan Ide Bisnis yang anda punya. Ayo segera daftarkan diri Anda di http://www.100preneur.com, pendaftaran kami tutup sampai tanggal 21 April 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar